Berita & Kegiatan IAI Wilayah Jawa Timur


DOWNLOAD MATERI

Ketua IAI KAPd Wilayah Jawa Timur Menjadi Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik Periode 2018-2020

Samarinda, Kamis, 6 Agustus 2018

Foto Pelantikan Bu Dian.jpeg

Foto bersama sejumlah Anggota IAI KAPd bersama Ketua IAI KAPd terpilih Prof. Dr. Dian Agustia, S.E., M.Si., Ak., CA., CMA (tengah bawah, lima dari kiri dan kanan), usai digelarnya rapat anggota di Universitas Mulawarman, Samarinda, Kamis (06/09/2018).

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kompartemen Akuntan Pendidik, telah melakukan rapat anggota untuk memperbaruhi kepengurusan periode 2018-2020, pada Kamis (06/09/2018), pada Simposium Nasional Akuntansi (SNA) 21 di Universitas Mulawarman, Samarinda. Turut hadir Kemenristekdikti Prof. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak., CA dan Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Prof. Ainun Na'im, Ph.D, M.B.A., Ak., CA. IAI KAPd adalah salah satu kompartemen dari Ikatan akuntan Indonesia (IAI), dengan Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) IAI adalah Prof. Dr. Mardiasmo, MBA., Akt., CA, yang saat ini sebagai Wakil Menteri Keuangan.

Ketua IAI KAPd Wilayah Jawa Timur, yang juga sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Prof. Dr Dian Agustia, S.E., M.Si., Ak., CA., CMA terpilih menjadi Ketua IAI KAPd menggantikan Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, S.E., M. Si., Ak., CA dari Universitas Padjadjaran. Ia terpilih melalui sistem voting.

Dalam pemaparannya usai terpilih, Prof. Dian akan melakukan gebrakan fundamental. Caranya, adalah membangun IAI KAPd dengan mengempowering seluruh Dosen Akuntansi untuk bersinergi memajukan profesi akuntan pendidik.

"Ke depan, akan ada banyak perubahan yang fundamental soal pengembangan dosen. Bersinergi dengan memberdayakan seluruh kekuatan Dosen Akuntansi Indonesia untuk memajukan dunia pendidikan akuntansi di Indonesia. Upaya menghadirkan kesetaraan kualitas pendidikan akuntansi di Seluruh Wilayah Indonesia akan dimaksimalkan dengan peningkatan publikasi Internasional, pendidikan berkelas internasional dan akreditasi yang berkualitas" ungkapnya.

Perubahan kongkrit dijabarkannya melalui penyapaian Visi, Misi dan Program Strategis kepada seluruh anggota IAI Akuntan Pendidik

VISI menjadi organisasi profesi pendidik terdepan dalam pengembangan pendidikan dan pengajaran, penelitian & pengembangan, dan pengabdian kepada Masyarakat dalam perspektif nasional dan internasional.

MISI

  1. Mengembangkan pendidikan akademik, profesi, dan/atau vokasi dengan keunggulan berlandaskan nilai pancasila.
  2. Melakukan dan mengembangan penelitian dasar, terapan, dan penelitian kebijakan yang inovatif dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Berpartisipasi aktif di dalam mewujudkan good governance dibidang Pendidikan melalui upaya yang sah dan dalam prespektif nasional dan internasional.
  4. Mengelola organisasi profesi pendidik secara mandiri dengan tata kelola yang baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat internasional
  5. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu akuntansi kepada masyarakat

Program Strategis

  1. Penguatan riset dan publikasi pada level nasional dan internasional
  2. Penguatan kapasitas Dosen yg tersebar di PTN dan PTS Nasional
  3. Pengelolaan organisasi kompartemen yang lebih profesional.
  4. Internasionalisasi KAPd melalui forum forum bidang ilmu yang ada
  5. Lebih berperan aktif pada Asean Accounting Education
  6. Perkuat Aliansi Jurnal Akuntansi untuk tingkatkan daya saing untuk publikasi dan diseminasi hasil2 riset para dosen
  7. Penguatan institusi prodi melalui pembinaan Akreditasi

Menurutnya setelah terpilih menjadi ketua IAI KAPd, Visi Misi dan Program Strategis bisa dilakukan dengan mengelaborasi ide/ gagasan dan sinergi seluruh dosen akuntansi dan stakeholders IAI KAPd.

"Kami secara bersama-sama dengan seluruh elemen kekuatan IAI KAPd berkewajiban memberikan dan menguatkan akuntan pendidik diseluruh wilayah Indonesia baik dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Jadi Dosen Akuntansi di Indonesia senantiasa bersama-sama pengurus IAI KAPd berperan aktif memajukan pendidikan akuntan di Indonesia. Melalui penguatan di Bidang Riset, kompetensi Dosen, dan penguatan institusi melalui akreditasi yang berkualitas," tuturnya.

Ia menambahkan, pada rapat anggota IAI KAPd ini, Prof. Nunuy sudah membuat IAI KAPd menjadi inklusif, mendorong kemajuan kegiatan di Forum, Wilayah dan menghasilkan produk standar untuk pendidikan.

"Apa yang sudah dilakukan Prof. Nunuy untuk kemajuan akuntan pendidik akan terus dilakukan dan dikembangkan" tuturnya.


Bagikan artikel ini :


Berita Terbaru