Halaman Pelatihan


Aspek Akuntansi, Keuangan, dan Pajak atas Investasi, Divestasi, dan Penggabungan Usaha

Jenis Kelas : Online
Periode : 27 Jun 2024 - 27 Jun 2024
Jadwal Hari: Kamis
Pukul : 08.30 – 16.30 WIB

Aspek Akuntansi, Keuangan, dan Pajak

atas Investasi, Divestasi, dan Penggabungan Usaha

Kondisi pasar dan ekonomi global maupun domestik sepanjang tahun 2023 banyak mengalami gejolak dan kejutan, namun hal ini tidak menghalangi perkembangan positif di sektor pasar modal. Perkembangan ini dapat tercermin dari minat berinvestasi masyarakat yang terus meningkat meski dihadapkan dengan berbagai tantangan serta situasi ekonomi. Sebagai refleksi pemerataan ekonomi di Indonesia, pertumbuhan investasi saat ini cukup stabil dan terus mengalami peningkatan secara signifikan. Pelaksanaan divestasi ditujukan untuk memperbaiki tingkat efisiensi dan pengelolaan investasi. Dalam bisnis, peran divestasi adalah sebagai strategi peningkatan inovasi perusahaan. Sederhananya, strategi divestasi adalah manuver dalam investasi dan bisnis untuk menarik aset demi mendapatkan profit yang lebih besar. Meskipun divestasi berkebalikan dengan investasi, bukan berarti langkah tersebut merugikan investor atau pelaku usaha. Investasi dan pengembangan usaha juga dapat dilakukan melalui penggabungan usaha, baik melalui legal merger dana akuisisi perusahaan. Dalam melakukan penggabungan usaha, aspek sinergi yang diciptakan dalam bisnis baru merupakan target yang harus tercapai.

Bagaimana aspek akuntansi, keuangan, dan pajak atas investasi, divestasi maupun penggabungan usaha dalam perusahaan? IAI Wilayah Jawa Timur menyelenggarakan PPL dengan tema tersebut dengan tujuan memberikan wawasan peserta agar dalam menentukan investasi, divestasi, dan penggabungkan usaha dapat melakukan evaluasi dahulu dan melakukan pertimbangan-pertimbangan.

Pokok Bahasan

  • Aspek, Tujuan dan Manfaat Investasi dan Divestasi
  • Faktor-Faktor Kesuksesan dan Kegagalan dalam Penggabungan Usaha
  • Aspek Keuangan atas Investasi, Divestasi dan Penggabungan Usaha
  • Aspek Akuntansi atas Investasi, Divestasi dan Penggabungan Usaha
  • Aspek Pajak atas Investasi, Divestasi dan Penggabungan Usaha

Waktu Pelaksanaan

Hari/ Tanggal              : Kamis, 27 Juni 2024

Waktu                         : Pukul 08.30 – 16.30 WIB

Tempat                        : Online via Zoom

Jumlah SKP                : 8 SKP

Narasumber

  1. Amalia Rizki, SE., M.Si., Ak., CA. (Anggota Pengurus Bidang Kajian Standar Akuntansi IAI Wilayah Jawa Timur, Dosen Akuntansi FEB Universitas Airlangga).
  2. Wan Juli, SE., MSi., Ak., CPA., CA. (Pengurus Bidang Akuntan Perpajakan IAI Wilayah Jawa Timur, Konsultan Pajak di One Tax Consult, Kontributor Majalah Tax Review Indonesia, Advokat terdaftar di Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI)).

Investasi

Anggota          Rp 560.000

Dosen/Mhs      Rp 650.000

Kolektif           Rp 650.000

Umum             Rp 750.000