Halaman Pelatihan


Sustainable Finance Systems: Strategic, Framework, and Challenges

Periode : 04 Dec 2021 - 04 Dec 2021
Jadwal Hari: Sabtu, 04 desember 2021
Pukul : 08.30 - 12.30 WIB


Sustainable Finance Systems:

Strategic, Framework, and Challenges


Isu keberlanjutan atau sustainabilty semakin gencar dan menjadi hal penting untuk di implementasikan bagi seluruh institusi/lembaga/usaha bisnis. Disamping itu juga isu keberlanjutan menjadi tujuan penting dalam Agenda 2030 dan Sustainability Development Goals (SDGs/TPB). Sebagian UMKM hingga Perusahaan Besar di Indonesia sudah mulai menyadari bahwa kegiatan operasional dan produk yang dihasilkan haruslah memenuhi indikator keberlanjutan yang tersandarisasi. Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report menjadi salah satu kriteria dalam menilai tanggung jawab sosial (social responsibility) suatu perusahaan. Para pemimpin perusahaan-perusahaan dunia semakin menyadari bahwa laporan yang lebih komprehensif (tidak hanya sekedar laporan keuangan) akan mendukung strategi perusahaan dan dapat menunjukkan komitmen mereka terhadap pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). Bahkan mulai tahun 2022, Otoritas Jasa Keuangan melalui Peraturan OJK No 51/2017 mengenai Keuangan Berkelanjutan mewajibkan Lembaga Jasa Keuangan, Emiten dan Perusahaan Publik untuk menyampaikan Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) setiap tahunnya.

Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) adalah laporan terukur yang diterbitkan oleh perusahaan atau organisasi tentang dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial yang disebabkan oleh kegiatan operasional perusahaan sehari-hari. Sustainabilily report juga menyajikan nilai-nilai dan model tata kelola perusahaan serta menunjukkan hubungan antara strategi dan komitmennya terhadap ekonomi global yang berkelanjutan. Laporan ini merupakan elemen intrinsik dari pelaporan terintegrasi dan perkembangan yang lebih baru yang menggabungkan analisis kinerja keuangan dan non-keuangan baik informasi kualitatif maupun informasi kuantitatif.

Pengungkapan kinerja ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) telah terbukti memberikan manfaat berupa:

  • Meningkatkan kinerja keberlanjutan (sustainability performance)
  • Meningkatkan manajemen risiko dan komunikasi kepada investor
  • Meningkatkan keikutsertaan dan hubungan pemangku kepentingan (stakeholders engagement and relations)
  • Meningkatkan motivasi dan keikutsertaan karyawan
  • Membangun reputasi sebagai perusahaan warga negara (corporate citizen) yang penuh komitmen dan efektif.
  • Meningkatkan strategi keberlanjutan (sustainable strategy) dan pemilihan indikator-indikator dan target-target kinerja.
  • Menjadi benchmarking kinerja keberlanjutan (sustainability performance) terhadap diri sendiri maupun perusahaan yang lain.

IAI Wilayah Jawa Timur menyelenggarakan webinar online dengan tema Sustainability Report (Regulasi, Framework, Standar, dan Implementasi di Indonesia) dengan tujuan memberikan pemahaman dan tambahan wawasan kepada peserta mengenai hubungan antara praktek bisnis dan pengaruhnya pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungans serta memahami regulasi, frameworks, standar dan implementasinya di Indonesia.

Pokok Bahasan:

  • Overview Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report)
  • Standar Global Reporting Initiative (GRI) dan persyaratan dari Peraturan OJK No 51/2017 serta SEOJK 16/2021 serta kaitannya dengan laporan keberlanjutan.
  • Implementasi Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) di laporan perusahaan/organisasi.

Waktu Pelaksanaan:

Hari/Tanggal  : Sabtu 04 Desember2021

Waktu             : Pukul 08.30 - 12.30 WIB

Tempat            : Online Via Aplikasi Zoom

Jumlah SKP    : 4 SKP

LInk Pendaftaran:

Anggota IAI: https://bit.ly/Sustainability-Report-2021

Non anggota IAI: https://bit.ly/Sustainability-Report-2021-umum