Halaman Pelatihan


Manajemen Risiko pada Perguruan Tinggi

Periode : 31 May 2022 - 31 May 2022
Jadwal Hari: Selasa, 31 mei 2022
Pukul : 13.00 - 17.00

Manajemen Risiko pada Perguruan Tinggi

Manajemen risiko merupakan proses yang dilakukan oleh personel kunci di setiap level organisasi untuk mengelola risiko guna menjamin pencapaian tujuan organisasi.  Manajemen risiko saat ini dan ke depannya diperlukan pada organisasi yang bergerak dibidang manufakturing maupun dibidang jasa. Perguruan Tinggi adalah suatu organisasi yang memberikan jasa pendidikan kepada masyarakat dalam perjalanannya kedepan senantiasa menghadapi ketidakpastian yang berkaitan dengan pelbagai ancaman dalam mencapai tujuan organisasi. Ketidakpastian itulah yang dapat menimbulkan pelbagai risiko. Pengelolaan risiko adalah salahsatu kunci jawaban untuk mengamankan keberadaan dan pengembangan Perguruan Tinggi secara berkelanjutan. Manajemen risiko diterapkan di sebuah Perguruan Tinggi dapat membantu mempredikasi, mengantisipasi, maupun mengurangi berbagai risiko yang mungkin terjadi dan berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh Perguruan Tinggi.

Risk Manajemen merupakan salah satu pilar Good University Governance (GUG), karena penerapan manajemen risiko di Perguruan Tinggi memiliki tujuan menciptakan pola baru organisasi yang menjadikan risiko sebagai alat early warning system dalam pelaksanaan operasional organisasi, selain itu karena sumber daya yang dimiliki Perguruan Tinggi terbatas maka proses mitigasi yang berfokus pada risiko sangat memerlukan tindakan penanganan. Adapun risiko yang diukur diklasifikasikan menjadi dua, yaitu risiko berdasarkan jenis dan risiko berdasarkan aspek. Risiko berdasarkan jenis meliput risiko strategis, risiko manajerial, dan risiko operasional. Sedangkan risiko berdasarkan aspek meliputi aspek pengelolaan anggaran, aspek manajemen sumber daya manusia, aspek sarana prasarana, aspek teknologi informasi, dan aspek akademik.

Pokok Bahasan

  • Pengertian tentang Risiko dan Risk Management
  • Proses Risk Management
  • Tujuan dan Organisasi Perguruan Tinggi (Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi)
  • Pengelolaan Risiko pada Perguruan Tinggi
  • Para Pelaku Risk Management pada Perguruan Tinggi
  • Manfaat Risk Management untuk Perguruan Tinggi
  • Studi Kasus Komprehensif

Waktu Pelaksanaan

Hari/Tanggal   : Selasa, 31 Mei 2022

Waktu             : Pukul 13.00 – 17.00 WIB

Tempat            : Online via Zoom

Jumlah SKP    : 5 SKP

Narasumber

  • Teguh Harjanto, Ak., CA. (Koordinator Pengawasan 2 Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah BPKP Perwakilan Jawa Timur).
  • Drs. R. Hartono, SE., MM., Ak., CMA., CA. (Sekretaris Penasihat IAI Wilayah Jawa Timur, Komite Audit Universitas Airlangga).