KRA IX



KONFERENSI REGIONAL AKUNTANSI (KRA) IX TAHUN 2022

UNIVERSITAS HAYAM WURUK PERBANAS


       

Kehadiran Revolusi Industri 4.0 membawa perubahan masif berupa penyesuaian peran manusia, mesin, teknologi, dan proses di berbagai bidang profesi, termasuk profesi akuntan. Revolusi Industri 4.0 menuntut akuntan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan big data. Di era industri termutakhir ini, perkembangan ekonomi digital telah membuka berbagai kemungkinan baru sekaligus meningkatkan risiko secara bersamaan. Perubahan tersebut memberikan dampak signifikan dalam perkembangan akuntansi. Demikian pula, perkembangan teknologi dan inovasi seolah berkejaran dengan waktu. Inovasi-inovasi baru mendorong terciptanya pasar baru dan menggeser keberadaan pasar lama. Mesin dan robot pintar kini banyak mengambil peran dan seakan menguasai dunia. Pada fase era ini, cara kerja dan praktik akuntan perlu diubah untuk meningkatkan kualitas layanan dan ekspansi global melalui komunikasi daring dan penggunaan cloud computing.

Sejumlah hasil penelitian menemukan bahwa adanya perkembangan teknologi tersebut membuat peran fundamental profesi akuntansi diambil alih oleh sistem dan perangkat lunak (software). Eksistensi software akuntansi memberikan kemudahan sehingga memungkinkan semua orang dapat mengoperasikan dan menghasilkan laporan keuangan. Oleh karena itu, keahlian maupun deskripsi pekerjaan akuntan di masa depan harus diperluas, sambil tetap mengacu pada kompetensi inti profesi. Akuntan harus siap untuk lebih mendalami dan mengembangkan keilmuannya serta melakukan harmonisasi dengan teknologi agar eksistensi profesinya dapat terus berlangsung.

Fasih berteknologi merupakan salah satu kunci. Oleh karenanya, beberapa aktivitas penting harus dilakukan akuntan untuk menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0. Pertama, meningkatkan kesadaran (awareness), yaitu memahami bahwa perkembangan revolusi menciptakan kesempatan baru dan akuntan harus mampu melihat peluang yang muncul di sekitarnya. Dinamika lingkungan bisnis yang ada melahirkan jenis bisnis baru yang sebelumnya belum pernah ada. Kedua, lembaga pendidikan (education) harus memberi perhatian lebih pada penguatan kurikulum pembelajaran bagi mahasiswa akuntansi sehingga mampu menyelaraskan diri dengan era digital. Ketiga, melakukan pengembangan profesional melalui berbagai metode dan media mutakhir tentang evolusi Revolusi Industri 4.0 dan dampaknya terhadap anggota asosiasi profesi, sehingga kinerja asosiasi profesi terus meningkat. Terakhir, menerapkan standar tinggi (reaching out), yakni para akuntan penting untuk memiliki kendali maksimum pada data yang dikerjakan sehingga akuntan harus berkoordinasi dengan engineers agar data dan informasi dapat terjaga dengan baik.

Merespons urgensi dan signifikansi mengelola dampak Revolusi Industri 4.0 pada profesi akuntan, Konferensi Regional Akuntansi (KRA) IX kali ini mengangkat tema “The Future Skills for Accountant in Digital Disruption Era”. Sebagai acara rutin tahunan yang menggandeng beberapa perguruan tinggi di Indonesia, KRA IX ini diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) bersama dengan Universitas Hayam Wuruk Perbanas, kampus bisnis dan teknologi yang bertempat di Surabaya.

KRA IX akan menjadi wadah menarik bagi para akademisi dan praktisi, khususnya dari berbagai perguruan tinggi dan institusi di wilayah Jawa Timur, untuk berdiskusi tentang beragam kajian empiris maupun praktis di ranah disiplin ilmu akuntansi dan keuangan. Forum ini tentunya akan berperan menghasilkan berbagai insight dan solusi atas tantangan-tantangan profesi akuntan. Mari kita sukseskan KRA IX! Pastinya, Muuanteb Rek!!!


SEKTOR PRIVATE
  1. Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal (AKPM)
  2. Akuntansi Manajemen dan Keprilakuan (AKMP)
  3. Sistem Informasi, Pengauditan, dan Etika Profesi (SIAEP)
  4. Perpajakan (PPJK)
  5. Akuntansi Syariah (AKSR)
  6. Pendidikan Akuntansi (PAK)
  7. Corporate Governance, CSR dan Fraud & Forensic Accounting (CG)
SEKTOR PUBLIK
  1. Akuntansi Keuangan (ASPAK)
  2. Akuntansi Manajemen (ASPAM)
  3. Sistem Informasi dan Auditing (ASPSIA)
  4. Good Governance (ASPGG)
TANGGAL PENTING
  1. Batas Akhir Penerimaan Paper: Senin, 27 Juni 2022
  2. Pengumuman Paper Lolos Seleksi: Senin, 04 Juli 2022
  3. Batas Waktu Konfirmasi Keikutsertaan Peserta yang Lolos Seleksi: Jumat, 08 Juli 2022
  4. Pelaksanaan KRA IX: Selasa - Rabu, 12 - 13 Juli 2022

BENEFIT PESERTA
  1. Sertifikat dengan kredit poin (SKP)
  2. Kesempatan publikasi pada jurnal terakreditasi nasional (Sinta 2) atau jurnal internasional bereputasi (Emerald Publishing dan Scopus)
  3. Semua paper yang diterima akan dipublikasikan dalam jurnal yang tergabung dalam aliansi jurnal akuntansi IAI KAPd
  4. Hadiah Rp 5.000.000,- bagi paper terbaik untuk masing-masing kategori


KETENTUAN PENULISAN
  1. Paper harus sesuai dengan bidang kajian Konferensi Regional Akuntansi (KRA) IX Tahun 2022.
  2. Paper harus ditulis sesuai dengan petunjuk penulisan pada website: https://iaijawatimur.or.id/kompartemen/kompartemen-iai-kapd-jatim/kra-ix pada menu “Tata Tertib dan Panduan Pengunggahan Paper KRA IX Tahun 2022”. 
  3. Penulis wajib mengirim softcopy Paper-nya ke http://kra.iaijawatimur.or.id/index.php/kra/kra9 paling lambat pada Minggu, 12 juni 2022.
  4. Pengumuman Paper lolos seleksi pada Senin, 27 Juni 2022.
  5. Penulis yang lolos seleksi harus mempresentasikan ringkasan Paper dalam bentuk MS‐Power Point maksimal 10 slide.
  6. Peserta yang lolos seleksi harus melakukan pendaftaran untuk mengikuti presentasi.
INVESTASI PESERTA/PEMAKALAH

Pemakalah Anggota IAI : Rp 300.000
Pemakalah Non Anggota IAI: Rp 450.000

Non Pemakalah Anggota IAI : Rp 300.000
Non Pemakalah Non Anggota IAI: Rp 450.000
INFORMASI PENDAFTARAN

Sekretariat IAI Wilayah Jawa Timur

Grha IAI Jatim, Jl. Krukah Utara No. 64 Surabaya, Email: iaikapdjatim@gmail.com

Telp 031-5021125/5048090, Fax. 031-5034633.

Hot Line: Sdr. Thoriq: 082257317728

Sekretariat Jurusan Akuntansi FEB Universitas Hayam Wuruk Perbanas

Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya, Jawa Timur

Contact Person: Sdri. Lufi Yuwana M 083108353363

WEBSITE: 

https://iaijawatimur.or.id





-



Registrasi Peserta

Form Registrasi KRA


Registrasi Undangan

Aliansi Jurnal
Undangan VIP
Undangan Dekan (Co - Host)
Sponsorship
Kaprodi
Guru SMA SMK
Pondok Pesantren


File Event

Rundown Acara
Flyer