Berita & Kegiatan IAI Wilayah Jawa Timur


DOWNLOAD MATERI

Kategori Artikel

1.000 Beasiswa Ujian Chartered Accountant: Saatnya wujudkan mimpi menjadi Akuntan Profesional

 

Dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas akuntan profesional Indonesia, IAI memberikan kesempatan kepada mahasiswa berprestasi se-Indonesia untuk mengikuti berpartisipasi dalam program 1.000 Beasiswa Chartered Accountant (CA) dan mendukung persiapan dirinya meraih karir yang cemerlang sejak menempuh pendidikan tinggi.

Beasiswa ujian CA 2024 ini dapat diikuti oleh anggota muda IAI yang merupakan mahasiswa D4/S1 akuntansi minimal semester 5 (lima) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.0 (tiga koma nol), berkomitmen mengambil minimal 1 (satu) subjek ujian CA, paling lambat 6 (enam) bulan setelah dinyatakan sebagai penerima beasiswa CA, dan merupakan representasi Perguruan Tinggi (dibuktikan dengan surat rekomendasi Perguruan Tinggi). Pendaftaran dilakukan secara online melalui https://bit.ly/BeasiswaCA2024 paling lambat 30 Juni 2024.

CA merupakan kualifikasi Akuntan Profesional mengacu kepada international best practice untuk memastikan akuntan Indonesia memenuhi kualifikasi Akuntan Profesional sesuai dengan panduan International Federation of Accountants (IFAC), serta mensejajarkan Akuntan Profesional dengan gelar akuntan luar negeri. Sebagai anggota IFAC, peluncuran CA juga dilakukan untuk menaati Statement of Membership Obligations (SMO) IFAC, di antaranya yang terkait dengan practical experience dan continuing professional education yang diatur dalam International Education Standards (IES) IFAC.

Sesuai dengan best practice global, penyelenggaraan ujian sertifikasi profesi harus diselenggarakan oleh organisasi profesi. Report on the Observance of Standard Code (ROSC) yang dikeluarkan Bank Dunia selalu menuntut ujian kompetensi, yang merupakan saringan akhir profesi, diselenggarakan oleh organisasi profesi. Ujian Sertifikasi Akuntan Profesional merupakan saringan akhir bagi seseorang yang telah memenuhi persyaratan, sebelum dinobatkan menjadi Akuntan Profesional.

Dalam rangka meningkatkan rekognisi CA di internasional, IAI telah bergabung menjadi anggota Chartered Accountant Worldwide (CAW) sejak 1 Agustus 2016. Dengan bergabungnya IAI menjadi anggota CAW, pemegang Chartered Accountants Indonesia memiliki kesempatan untuk menunjukkan kekuatan jaringan global, dengan menggunakan logo CA Indonesia – CAW Network Member.

Jadilah seorang Chartered Accountant dan raihlah peluang tak terbatas yang mampu melihat lebih dari sekedar angka-angka. Chartered Accountant: See Beyond the Numbers.

Tentang IAI

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) adalah organisasi profesi akuntan yang menaungi seluruh akuntan di Indonesia yang tersebar di 34 provinsi. IAI merupakan anggota dan pendiri International Federation of Accountants (IFAC) dan ASEAN Federation of Accountants (AFA), serta associate member Chartered Accountants Worldwide (CAW).

Untuk menjaga integritas dan profesionalisme akuntan Indonesia, IAI menerbitkan Kode Etik Akuntan Indonesia. Sebagai standard setter, IAI menyusun dan menetapkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia.

Informasi lebih lanjut tentang IAI, kunjungi www.iaiglobal.or.id, atau email ke [email protected]

Link terkait:

  1. Pendaftaran Beasiswa Ujian CA: https://bit.ly/BeasiswaCA2024
  2. Silabus Ujian CA: https://bit.ly/SilabusUjianCA
  3. Modul Ujian CA: https://bit.ly/ModulUjianCA
  4. Contoh soal lampau: https://bit.ly/ContohSoalUjianCA
  5. Pendaftaran keanggotaan: https://membership.iaiglobal.or.id/
  6. Tutorial registrasi anggota IAI: https://bit.ly/tutorialanggota
  7. Informasi lebih lanjut dapat hubungi WhatsApp IAI 08111-055141

Informasi terkait Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Jawa Timur dapat diakses melalui iaijawatimur.or.id  

     

   

 

 

 


Bagikan artikel ini :