Berita & Kegiatan IAI Wilayah Jawa Timur


DOWNLOAD MATERI

Kategori Artikel

Inilah Rangkaian Konferensi Regional Akuntansi IV

Suara.com - Konferensi Regional Akuntansi (KRA) IV tahun ini mengusung tema “Peran Akuntan Mewujudkan Good Public Governance dalam Era Sustainable Development Goals (SDGs)”. Acara yang digelar oleh Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) Wilayah Jawa Timur ini berlangsung tanggal 19-20 April ini, bertempat di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Ketua pelaksana KRA IV, DR. Dian Anita Nuswantara mengatakan, rangkaian acara KRA IV dimulai dengan sesi paralel, yaitu forum diskusi guru SMA dan SMK mengenai penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP dan SAK EMKM, forum diskusi ketua jurusan/departemen, sekretaris jurusan, ketua program studi S1, S2, S3 Akuntansi mengenai penyusunan regulasi di bidang profesi akuntansi (public hearing revisi PMK No. 25/PMK.01/2014).

Rangkaian berikutnya, sesi jurnal akan dibahas mengenai pengelolaan jurnal berbasis online, dimana pengelola jurnal secara cepat, tepat dan akurat menyajikan informasi berharga yang dibutuhkan khalayak.

“Selanjutnya, rapat aliansi jurnal mengenai mekanisme tukar-menukar paper melalui sistem informasi, dan forum diskusi dosen mengenai student learning method dan authentic assessment,” kata Dian di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, Kamis (20/4/2017).

Dian menambahkan, hari pertama kegiatan ini, keynote speaker dari Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, SH., MH., yang diwakilkan oleh Asisten III Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya, seminar pleno bertema “Membangun Human Capital dalam Good Public Governance pada era Sustainable Development Goals (SDG)” oleh Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Moh. Nasih, MMT., Ak., CA., CMA., dan “Peran Kementerian Keuangan dalam Menciptakan Good Public Governance di Lingkungan Pemerintahan Pusat” oleh Kepala Bidang Perizinan & Kepatuhan Profesi Penilai, Aktuaris & Profesi Keuangan Lainnya Kementerian Keuangan RI Triyanto, MM., MH., Ak., CPA., CA.

Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya ini mengatakan, untuk hari kedua, sesi parallel dengan topik-topik khusus bidang akuntansi, yaitu, Kelas Akuntansi Pemerintahan, Kelas Auditing, Kelas Akuntansi Keuangan, Kelas Akuntansi Syariah, dan Kelas Perpajakan. Dan, sebagai penutupan rangkaian kegiatan KRA IV ini, dianugerahkan paper dan poster terbaik kategori kuantitatif dan kualitatif.

“Selain membantu para peneliti untuk mendapatkan masukan penelitian agar lebih berkualitas, juga membuka kesempatan bagi para peserta untuk mengikuti perkembangan keilmuan terkini dan dapat memperluas jaringan kerjasama (network) antar berbagai perguruan tinggi,” pungkas Dian.

http://www.suara.com/bisnis/2017/04/21/105836/inilah-rangkaian-konferensi-regional-akuntansi-iv


Bagikan artikel ini :


Berita Terbaru