Berita & Kegiatan IAI Wilayah Jawa Timur


DOWNLOAD MATERI

Kategori Artikel

Press Release Pengabdian Masyarakat Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Timur Bidang Akuntan Pendidik/ Forum Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi (FDAPT) Jawa Timur

 

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Timur Bidang Akuntan Pendidik/ Forum Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi (FDAPT) Jawa Timur bersama Komisariat Kediri sukses menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat Internasonal (International Community Service) yang bertajuk Update Akuntansi dan Bisnis untuk UKM & Guru-Guru Akuntansi SMK/ SMA di Kediri selama dua (2) hari pada Jum’at & Sabtu, 08 & 09 Desember 2023. Tujuan acara ini adalah memberikan update perkembangan ilmu akuntansi dan bisnis bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Guru-guru Akuntansi SMA/SMK di Kabupaten/Kota Kediri sehingga dapat diimplementasikan dalam praktik kinerjnya. Acara ini terselenggara atas kerjasama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)  Kabupaten/Kota Kediri, serta Ketua Komisariat Kediri yaitu Bapak Drs. Ec. Sugeng, Ak., MM., M.Ak., CA., ACPA., CBV., Asean CPA., BKP. yang juga merupakan pimpinan KJA dan KKP Sugeng. Acara disponsori oleh PT. Petrokimia Gresik, PT. Aneka Jasa Grhadika, PT. Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA), dan PT. Pelindo Terminal Petikemas Surabaya.

Hari pertama kegiatan yang diadakan di Kantor Bupati Kediri di Ruang Rapat Joyoboyo, acara dibuka secara langsung oleh  Ibu Ratih Ayu Dewaty, S.A.P,. M.Si selaku Analis Kebijakan Ahli Muda - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pemerintah Kabupaten Kediri beserta sambutan dari Fidelis Arastyo Andono, SE., MM., Ph.D., Ak., CA. selaku Ketua Bidang Pengembangan, Pengabdian Masyarakat, & Hubungan Masyarakat IAI Wilayah Jawa Timur. Dengan melibatkan sejumlah 50 peserta dengan latar belakang pelaku UKM, kegiatan ini menghadirkan para Narasumber yang ahli di bidang Pengembangan Akuntansi. Para peserta mendapatkan wawasan mendalam seputar Pengembangan Usaha dan Peningkatan Akses Pasar serta Jaringan, Penyusunan Laporan Keuangan yang Sederhana, dan Strategi Bisnis, Pemetaan Potensi dan Menciptakan Peluang Bisnis.

Hari Kedua kegiatan diadakan di Ruang Pertemuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YP 17 Pare, Kediri yang dibuka oleh Ibu Luluk Nadzifah Budiarti, S.Pd. selaku Pembina MGPM Akuntansi dan Kepala Sekolah SMK YP 17 Pare Kediri dan Ibu Prof. Dr. Nur Fadjrih Asyik, SE., M.Si., Ak., CA. selaku wakil ketua Bidang Akuntan Pendidik IAI Wilayah Jawa Timur/FDAPT Jawa Timur. Acara dihadiri sejumlah 69 guru SMA/SMK. Para peserta mendapatkan materi Update Ilmu Akuntansi Keuangan, Akuntansi Pemerintahan, dan Perpajakan, serta Implementasi Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah & Karya Inovatif Guru SMA/SMK Program Studi Akuntansi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar.

Narasumber yang terlibat dalam acara tersebut ada yang berasal dari Pakistan, yaitu Aqsa Haroon (Bachelor in Human Nutrition and Dietetics from Government College University  Faisalabad, Masters in Epidemiology Universitas Airlangga) yang mengagkat tema Culture and Education in Pakistan. Selain itu, Narasumber yang terlibat dari Indonesia antara lain:

  1. Prof. Dr. Nur Fadjrih Asyik, SE., M.Si., Ak., CA. (STIESIA Surabaya)

  2. Fidelis Arastyo Andono, SE., MM., Ph.D., Ak., CA. (Universitas Surabaya)

  3. Drs. Ec. Sugeng, Ak., MM., M.Ak., CA., ACPA., CBV., Asean CPA., BKP. (Universitas Nusantara PGRI Kediri)

  4. Dra. Istutik, Ak., M.M., CA., CPA. (STIE Malangkucecwara)

  5. Prof. Dr. Juniarti, M.Si., Ak., CA., CMA. (Universitas Kristen Petra Surabaya)

  6. Prof. Dr. Dian Anita Nuswantara, S.E., M.Si., Ak., CA. (Universitas Negeri Surabaya)

  7. Dr. WuryanAndayani, SE., Msi., Ak. CA. (Universitas Brawijaya)

  8. Dr. Anna Marina, S.E., M.Si., Ak., CA. (Universitas Muhammadiyah Surabaya)

  9. Dr, Wahidahwati, S.E., M.Si., Ak., CA. (STIESIA Surabaya)

  10. Dr. Nanik Wahyuni, SE, M.Si, Ak., CA. (UIN Malik Maulana Ibrahim Malang)

  11. Dr, Anak Agung Gde Satia Utama, SE., M.Ak., Ak., CA., CIQar., Cert.DA (universitas Airlangga)

  12. Dr. Teodora Winda Mulia, SE., M.Si., CA., Ak., CPA. (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya)

  13. Sigit Kurnianto, S.E., MSA., Ak., CA., SAS., CGAE., ASEAN CPA. (Universitas Airlangga)

  14. Diana Sutedja, SE., MM., Ak., CA. (Universitas Airlangga)

  15. Agus Susilo, MM., MBA., AK., CA. QIA. IRCA., CSPP. (Politeknik UBAYA Surabaya)

  16. Sri Dewi Estiningrum, SE., MM., Ak., CA. (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung).

  17. Mar’atus Zahro, SE., MSA. (STIESIA Surabaya)

 

Apakah kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai perpajakan? Yuk kunjungi informasi Brevet di website dan laman website IAI Jatim aja!

Informasi terkait Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Jawa Timur dapat diakses melalui iaijawatimur.or.id

     

   

 

 

 

 

 

 

 


Bagikan artikel ini :