Halaman Pelatihan


Workshop Time-Driven Activity-Based Costing an Integral Part of Management Accounting

Jenis Kelas : Online
Periode : 20 Jun 2024 - 20 Jun 2024
Jadwal Hari: Kamis
Pukul : 13.30 – 17.00 WIB

Workshop

Time-Driven Activity-Based Costing

an Integral Part of Management Accounting

Lingkungan yang dinamis dan globlalisasi serta pergeseran fungsi obyektif perusahaan dengan tujuan untuk kepuasan pelanggan menuntut akuntansi manajemen untuk berbuat lebih banyak. Kondisi ini, menuntut perusahaan memiliki keunggulan bersaing. Oleh karena itu, bagi perusahaan yang ingin tetap eksis dan berkembang secara berkesinambungan dalam lingkungan yang dinamis dan bisnis global harus mampu mendefinisikan dan mengimplementasikan konsep akuntansi manajemen yang sesuai dengan sasaran dan strategi secara efektif dan efisien yang dapat direfleksikan dengan kemampuan perusahaan dalam mengelola biaya. Semakin tinggi kemampuan untuk mengelola biaya, akan semakin baik pula produk dan jasa yang akan ditawarkan kepada pelanggan baik dari sisi harga maupun kualitas Kehadiran akuntansi manajemen atau sistem informasi manajemen dalam perusahaan merupakan suatu sistem yang akan memberikan informasi kepada manajemen untuk membantu pihak-pihak internal untuk mencapai tujuan organisasinya.

Pengaruh TDABC terhadap strategi keuangan dan pengambilan keputusan tercermin dalam berbagai studi kasus di mana perusahaan-perusahaan mengalami peningkatan yang cepat dan menguntungkan setelah penerapannya. Memanfaatkan teknologi transparansi data real-time seperti Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM) real-time memberikan informasi untuk membuat keputusan yang tepat, mengatasi ketidakefisienan, dan meningkatkan kesehatan keuangan secara keseluruhan. IAI Wilayah Jawa Timur menyelenggarakan PPL dengan tema Time Driven Activity Based Costing (TDABC) – an Integral Part of Accounting Management dengan tujuan memungkinkan membantu perusahaan yang sudah atau akan menerapkan metode activity based costing untuk mengurangi permasalahan yang terjadi dalam menganalisa biaya perusahaannya.

Pokok Bahasan

  • Pentingnya Menggunakan Akuntansi Manajemen pada Perusahaan
  • Penerapan TDABC sebagai Strategi Keuangan dan Pengambilan Keputusan Manajemen
  • Alat dan Perangkat Lunak yang Mendukung TDABC (Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM))
  • Studi Kasus

Waktu Pelaksanaan

Hari/ Tanggal              : Kamis, 20 Juni 2024

Waktu                          : Pukul 13.30 – 17.00 WIB

Tempat                        : Online via Zoom

Jumlah SKP                : 4 SKP

Narasumber

Dr. Bonnie Suherman, SE., M.Ak., Ak., CA. (Ketua Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya)

Investasi

Anggota          Rp 250.000

Dosen/Mhs      Rp 350.000

Kolektif           Rp 350.000/Peserta

Umum             Rp 450.000