Halaman Pelatihan

IFRS 18 Presentation & Disclosure in Financial Statements

Jenis Kelas : Online
Periode : 22 Jun 2024 - 22 Jun 2024
Jadwal Hari: Sabtu
Pukul : 08.30-12.00 WIB

IFRS 18

Presentation & Disclosure in Financial Statements

Pada April 2024, IASB menerbitkan IFRS 18 yang akan menggantikan IAS 1 dan berlaku efektif pada 1 Januari 2027 dengan opsi penerapan dini. IFRS 18 bertujuan untuk meningkatkan komunikasi perusahaan kepada investor atas informasi yang disajikan dalam laporan keuangan. Penerapan IFRS 18 akan berdampak terhadap laporan keuangan seluruh perusahaan di seluruh jenis industri. IFRS 18 mengakibatkan perubahan besar pada laporan laba rugi (Laporan L/R) dan catatan atas laporan keuangan, beberapa perubahan pada laporan arus kas, dan perubahan kecil pada laporan posisi keuangan dan laporan perubahan ekuitas.

Dalam laporan laba rugi, penghasilan dan beban diklasifikasikan ke dalam kategori operasi, investasi, dan pendanaan, serta pajak penghasilan dan operasi yang dihentikan, serta penyajian subtotal laba operasi dan laba sebelum pendanaan dan pajak penghasilan. Perubahan ini mengakibatkan struktur laporan laba rugi yang lebih konsisten dan meningkatkan komparabilitas antar perusahaan. IFRS 18 mensyaratkan pengungkapan ukuran kinerja yang ditentukan manajemen (management-defined performance measure/MPM) yang tujuannya untuk mengomunikasikan pandangan manajemen atas aspek kinerja keuangan perusahaan secara keseluruhan. Pengungkapan MPM ini memungkinkan investor untuk memahami bagaimana ukuran tersebut dibandingkan dengan ukuran yang didefinisikan dalam IFRS Accounting Standards dan bagaimana pandangan manajemen atas kinerja keuangan perusahaan.

IAI Wilayah Jawa Timur menyelenggarakan PPL dengan tema IFRS 18: Presentation & Disclosure in Financial Statements dengan tujuan update keilmuan mengenai ketentuan terbaru mengenai penyajian laporan keuangan terhadap investor.

Pokok Bahasan

  1. Latar belakang diterbitkannya IFRS 18
  2. Perubahan-perubahan yang terjadi dengan diterapkannya IFRS 18
  • Penyajian subtotal yang ditentukan (defined subtotals) dalam laporan laba rugi

                - Persyaratan penyajian subtotal dalam Laporan L/R

                - Klasifikasi penghasilan dan beban dalam Laporan L/R

  • Persyaratan pengelompokkan informasi (agregasi dan disagregasi)

                - Prinsip pengelompokkan (agregasi dan disagegrasi)

                - Analisis beban operasi

  • Pengungkapan ukuran kinerja yang ditetapkan manajemen (Management-defined Perfomance Measures-MPM)
  • Dampak terhadap IFRS Accounting Standards lainnya

Waktu Pelaksanaan

Hari/ Tanggal              : Sabtu, 22 Juni 2024

Waktu                         : Pukul 08.30 – 12.00 WIB

Media                         : Online Zoom

Jumlah SKP                : 4 SKP

Narasumber

Dr. Yie Ke Feliana, S.E., M.Com., Ak., CPA, CFP, CA, CRA. (Wakil Ketua Bidang Kajian Standar Akuntansi IAI Wilayah Jawa Timur, Ketua Program Studi Magister Akuntansi Universitas Surabaya)

Investasi

Anggota                      Rp 250.000

Dosen/Mhs                 Rp 350.000

Kolektif 3 Umum       Rp 350.000

Umum                         Rp 450.000

Biaya

Anggota IAI :  Rp 250.000
Dosen / Mahasiswa : Rp 350.000
Kolektif min. 3 Peserta (Umum) :  Rp 350.000/Peserta
Umum : Rp 450.000

*Setiap pelatihan memiliki minimal kuota peserta yang harus dipenuhi agar kelas berjalan (Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service 082229632055)


- Dapatkan informasi promo terkini melakui media sosial Instagram @iaijatimofficial atau customer service IAI Wilayah Jawa Timur Whatsapp: 082229632055